oleh

Pemprov Apresiasi Peserta Pasar UMKM Maroso

Ayotau, Palu- Pemprov Sulteng melalui Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP), Moh Arif Latjuba, mengapresiasi peserta Pasar Murah UMKM Maroso.

“Saya apresiasi seluruh peserta UMKM yang telah ikut berpartisipasi pada kegiatan ini,” ucap Arif saat membuka Pasar Murah Maroso di Halaman Kantor DKP Provinsi Sulteng, Kamis 9 Juni 2022.

Kepala Bidang Budi Daya dan Pengolahan Pemasaran Hasil Perikanan DKP Provinsi Sulteng, Mohammad Syafar, menyampaikan pelaksanaan Pasar Murah UMKM Maroso bertujuan mendorong dan menumbuhkan kembali usaha UMKM Sulawesi Tengah pasca pandemi Covid-19.

Menurutnya, pandemi Covid-19 berdampak buruk terhadap sektor perikanan dan kelautan sehingga beberapa usaha UMKM mengalami penurunan secara kuantitas.

“Setelah 2 tahun berlalu, kita tidak pernah mengadakan kegiatan seperti ini, kita hadirkan para pelaku usaha UMKM yang mengolah hasil perikanan dan kelautan untuk saling memotivasi, mengevaluasi diri dan saling menguatkan melewati masa krisis,” ujar Syafar.

Arif Latjuba menambahkan Pasar UMKM Maroso merupakan salah satu bentuk kepedulian Dinas Kelautan dan Perikanan terhadap eksistensi serta tumbuh kembangnya UMKM bidang perikanan Sulawesi Tengah.

Dikatakan, UMKM merupakan pilar terpenting dalam perekonomian Indonesia. Jumlah UMKM di Indonesia yakni sebesar 64,19 juta, dimana komposisi usaha mikro dan kecil mendominasi yaitu 64,13 juta atau sekitar 99,92% dari keseluruhan sektor usaha.

Dengan demikian, sasaran strategis dan indikator kerja utama Dinas Perikanan dan Kelautan untuk jangka waktu 2021-2026 yaitu meningkatkan kesejahteraan pelaku usaha kelautan dan perikanan.

Kepala DKP berharap kegiatan dapat bermanfaat bagi semua orang untuk saling bertukar informasi, menyamakan persepsi, menyatukan langkah, dan terus bersinergi dalam upaya mewujudkan masyarakat perikanan yang maju.

“Salah satu yang menjadi prioritas utama Sulawesi Tengah dalam rangka mewujudkan Sulteng Lebih Sejahtera dan Lebih Maju yakni, peningkatan produksi perikanan melalui sinergitas pembangunan,” tandas Arif. (JT/*)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.