oleh

Pemkot Palu Siap Jadi Tuan Rumah Hari Lahir Pancasila 2023

Ayotau, Palu- Wakil Wali Kota Palu, dr. Reny Lamadjido, bersama Kepala Badan Kesatuan dan Politik (Kesbangpol) Palu, Ansyar Sutiadi, melakukan kunjungan ke Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) RI, di Jakarta, baru-baru ini.

Kaban Kesbangpol Palu, Ansyar mengatakan, kunjungan tersebut dalam rangka mengantarkan langsung surat permohonan Pemerintah Kota Palu untuk menjadi lokasi Perayaan Hari Lahir Pancasila tingkat Nasional tahun 2023.

“Hal itu dalam rangka menindaklanjuti Nota Kesepakatan Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila Republik Indonesia dan Wali Kota Palu Nomor MOU. 01/Ka.BPIP/06/2021 dan Nomor 21/MOU/BPIP-KP/VI/2021 tentang Pembinaan Ideologi Pancasila di Kota Palu,” kata Ansyar, melalui ponselnya, Rabu, 14 September 2022.

Selain itu, kata Ansyar, terkait jejak historis Presiden RI pertama Ir. Soekarno di Kota Palu, pada tanggal 2 Oktober 1957, yang di tandai dengan berdirinya patung Ir. Soekarno di monumen mutiara bangsa taman GOR Kota Palu.

Dalam edaran itu, kata Ansyar, bahwa saat ini BPIP RI bergotong royong dengan Pemerintah Kota Palu untuk mewujudkan Kota Palu sebagai Prototipe Aktualisasi nilai-nilai Pancasila di Indonesia.

“Berkaitan dengan itu kami mengusulkan kiranya Bapak Kepala BPIP RI, berkenan menetapkan Kota Palu sebagai pusat kegiatan peringatan hari lahir Pancasila secara Nasional Tahun 2023,” jelas Ansyar.

Ansyar mengatakan, pemerintah Kota Palu mengharapkan, Presiden Jokowi dapat hadir pada acara dimaksud.

“Semoga surat tersebut dapat direspon dengan baik, dan bisa terwujud sesuai harapan kita bersama,” ungkapnya.

Di Kota Palu sebelumnya pernah mengadakan Festival Kebangsaan, yang begitu meriah. Kegiatan ini mendapatakn respon positif bagi kalangan remaja dan masyarakat.

Saat ini juga Pemkot Palu melalui Badan Kesbangpol, terus mendorong para generasi muda maupun masyarakat umum dapat mengimplementasikan nilai-nilai pancasila.

Bahkan salam Pancasila di Kota Palu telah familiar dikalangan penjabat dan masyarakat. Hal ini menandakan bahwa aktualisasi nilai-nilai pancasila telah tersampaikan dengan baik.

Selain itu juga, di Kota Palu memiliki Satgas Pancasila dan Lembaga Adat yang mengawal nilai-nilai pancasila.(**)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.