oleh

Pemkab Sigi Sosialisasikan Perubahan IMB Menjadi PBG

Ayotau, Sigi- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sigi dalam hal ini Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan (PUP) sosialisasikan penghapusan status izin mendirikan bangunan (IMB) dan menggantinya dengan persetujuan bangunan gedung (PBG).

Sosialisasi dibuka oleh Asisten II Bidang Ekonomi dan Pembangunan Setda Sigi, Ir. H. Iskandar Nongtji, ST.,MM, dihadiri Plt Kadis PUP Sigi, Henri Kusuma Rombe, Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP), sejumlah Camat, Dishub, Badan Pendapatan dan Disnakertrans, Kamis, 28 Oktober 2021.

H. Iskandar Nongtji mengatakan, dalam sosialisasi ini diharapkan ada standar operasional prosedur yang dipegang dalam aturan PBG tersebut.

“SOP seperti mengeluarkan Surat Bukti Kepemilikan Bangunan Gedung (SBKBG) dan sebagainya,” katanya.

Ia juga berharap, terkait aturan PBG yang disosilisasikan itu betul-betul produk dari Pemkab Sigi.

Sebelumnya, Plt Kadis PUP Sigi, Henri Kusuma Rombe menjelasakn, perubahan status ini diberlakukan berdasarkan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 16 Tahun 2021 pasal 253.

“PBG adalah perizinan yang diberikan kepada pemilik bangunan gedung untuk membangun baru, mengubah, memperluas, mengurangi, dan/atau merawat bangunan gedung sesuai dengan standar teknis bangunan gedung,” jelasnya.

Dijelaskan, IMB yang diterbitkan setelah 2 Agustus 2021 dapat dikonversi Sistem Informasi Bangunan Gedung (SIMBG).

“Alur konversinya IMB menjadi PBG, pemohon menyerahkan dokumen IMB keloket DPMPTSP kemudian operator DPMPTSP input data IMB ke SIMBG, kemudian diverikvikasi Kepala Dinas DPMPTSP, lanjut penyerahan dokumen PBG diloket DPMPTSP,” terangnya.

Informsi terkait konversi IMB ke PBG dapat diakses melalui tautan http://simbg.pu.go.id/konversi.(as)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed