Masyarakat Pakuli Minta Pemkab Perhatikan Nasib Petani

Ayotau, Palu -Kebutuhan masyarakat dalam pasokan Energy Listrik didaerah memang merupakan suatu hal utama yang dapat mendukung perekonomian dan kehidupan masyarakat. Demikian halnya yang dirasakan masyarakat Desa Pakuli, Kecamatan Gumbasa yang mengandalkan hidup dari sektor pertanian.

Koordinator Aliansi Masyarakat Pakuli (AMP) Muhammad Efendy meminta kepada Pemerintah Kabupaten Sigi agar memperhatikan kebutuhan petani terutama sumber air untuk persawahan. Untuk itu pihaknya mendukung rencana pembangunan PLTA di wilayah Gumbasa dengan tetap memperhatikan dampak lingkungannya.

Efendy menjelaskan, masyarkat Pakuli sebagian besar memiliki mata pencaharian sebagai petani yang mengelola lahan pertanian berupa sawah dan kebun dengan menggantungkan pengairan lahan pertaniannya dari irigasi Sungai Gumbasa, sehingga jika terlaksana pembangunan PLTA, kemungkinan akan berpengaruh pada nasib petani.

Dengan demikian, kata dia, sangat penting dilakukan sosialisasi dampak lingkungan terlebih dahulu dari pemerintah setempat kepada masyarakat petani agar masyarakat memperoleh informasi yg benar dan bisa memberikan masukan nantinya untuk tetap memberikan ruang bagi kehidupan petani.

Namun demikian, Masyarakat Pakuli Gumbasa sangat mendukung pemerintah dalam pembangunan PLTA Gumbasa sebagai upaya pemanfaatan SDA yg ada guna peningkatan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat, tapi tetap perhatikan lingkungan hidup petani. Tutup Efendy.(*)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed