Festival Teluk Tomini Geliatkan Kembali Sektor Pariwisata

AyoTau, Palu – Wakil Gubernur Sulawesi Tengah H. Ma’mun Amir menghadiri sekaligus membuka Festival Teluk Tomimi (FTT) Tahun 2023.

Festival yang mengangkat tema “Teluk Tomini Jantung Segitiga Terumbu Karang Dunia” ini berlangsung di lokasi eks Sail Tomini, Kayu Bura Kabupaten Parigi Moutong, Jumat 8 Desember 2023. dan akan berlangsung dari tanggal 8 sampai dengan 10 Desember 2023

Wakil Gubernur Ma’mun Amir mengatakan bahwa penyelenggaraan festival seperti ini kedepannya akan dilakukan di setiap kabupaten/kota se sulawesi tengah dengan menjadikan brand budaya dari masing-masing daerah sebagai identitas daerah.

“disamping menjadi magnet untuk meningkatkan kunjungan wisatawan dari dalam maupun luar negeri kegiatan festival teluk tomini ini merupakan ajang pelestarian budaya dan kepariwisataan daerah berbasis kearifan lokal, seni dan budaya yang ada di sulawesi tengah.”ujar Wakil Gubernur.

Ia berharap festival teluk tomini kali ini dapat sukses sebagai sarana pemerintah daerah untuk mengabarkan kepada dunia luar, tentang kekayaan seni budaya, keindahan alam dan keunggulan potensi pariwisata Sulawesi Tengah, khususnya di Kabupaten Parigi Moutong yang sangat menjanjikan bagi wisatawan ataupun investor untuk dieksplorasi.

Sementara itu Pj Bupati Parigi Moutong Ricard Arnaldo Djanggola mengatakan Festival Teluk Tomini tahun 2023 selain merupakan sebuah kebanggaan semua pihak khususnya masyarakat Parigi Moutong, Festival ini bertujuan sebagai ekoturisme event yang berkualitas dan berkelanjutan menjadi event yang bersifat kolaboratif, kreatif, edukatif dan konservatif.

“Festival Teluk Tomini yang telah dirintis sejak tahun 2014 telah sukses kita laksanakan di setiap tahunnya sebagai upaya mempromosikan pariwisata di Kabupaten Parigi Moutong.”terang Pj Bupati

Pada kesempatan itu Wagub Ma’mun Amir menyerahkan bantuan Program Gercep Gaskan Berdaya, Gerak Cepat Pengentasan Kemiskinan Berbasis Pemberdayaan Masyarakat¬†(Gercep Gaskan Berdaya) Provinsi Sulawesi Tengah dimaksudkan untuk menurunkan angka kemiskinan melalui penguatan ekonomi bagi rumah tangga miskin.

Pada acara pembukaan FTT tahun ini, turut di tampilkan Tomini Fasion Carnaval serta tarian dan penyambutan secara Adat. (*/win)

Komentar