Dispora Rapat Perdana Persiapan Pra POPNAS 2022

Ayotau, Palu- Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Provinsi Sulawesi Tengah menggelar rapat perdana persiapan pelaksanaan Pra Pekan Olahraga Pelajar Nasional (PRAPOPNAS) di Gedung Olahraga Gelora Bumi Kaktus (GBK) pada Rabu 5 Oktober 2022.

Rapat tersebut dipimpin langsung oleh Kepala Dispora Provinsi Sulawesi Tengah, Irvan Aryanto, yang juga selaku ketua panitia Pra POPNAS Tahun 2022.

“Pra Pekan Olahraga Pelajar Nasional dimulai pada 7 November 2022 dengan pelaksaan 8 cabang olahraga yakni ; Sepak Bola, Sepak Takraw, Bola Basket, Bola Voli, Bulu Tangkis, Tenis Lapangan, Pencak Silat, dan Tinju,” ucapnya.

Rapat dihadiri perwakilan dari Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Tengah, Dinas Perhubungan Provinsi Sulawesi Tengah, SATPOL PP Sulawesi Tengah, dan delegasi dari cabang olahraga yang terlibat dalam panitia pelaksanaan antara lain ; PBSI, PSSI, IPSI, PSTI, PERBASI, PELTI, PBVSI dan PERTINA.

Kepala Dispora menerangkan Pra POPNAS merupakan permintaan langsung dari Gubernur H. Rusdy Mastura agar Sulawesi Tengah menjadi tuan rumah pelaksana Pra POPNAS. Sebelumnya, Sulawesi Tengah batal menjadi tuan rumah pelaksana pada tahun 2018 karena tragedi bencana gempa bumi yang melanda daerah ini.

Adapun kepanitiaan yang telah terbentuk untuk menyikseskan pelaksanaan Pra POPNAS antara lain ; Bidang Sekretariat, Bidang Pertandingan, Bidang Akomodasi, Bidang Konsumsi, Bidang Keamanan, Bidang Transportasi, Bidang Kesehatan, Bidang Upacara dan Acara, Bidang Sarana Prasarana, Bidang Humas dan Media, Bidang IT, dan Koordinator Liaison Officer.

Dalam rapat perdana persiapan pelaksaan Pra POPNAS, terungkap beberapa kendala diantaranya belum ditetapkannya lokasi pelaksanaan cabang olahraga sepaktakraw, kurangnya personel penangan medis untuk cabang olahraga seperti tinju dan penjak silat, hingga kurangnya penetapan personel pengamanan di beberapa cabang olahraga seperti ; sepak bola dan bola voli dimana pelaksanaannya berada di area terbuka, serta masih kurangnya perlengkapan dibeberapa cabang olahraga seperti bola basket, bola voli, dan tinju.

“Dari hasil rapat akan diadakan perbenahan kembali pihak-pihak yang tergabung dalam panitia pelaksana Pra POPNAS dan akan dilanjutkan dalam rapat persiapan selanjutnya,” tandasnya. (JT)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *