oleh

Disnakertrans Sebut Pemagangan Solusi Atasi Masalah Ketenagakerjaan

Ayotau, Palu- Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Provinsi Sulawesi Tengah melaksanakan Rapat Persiapan Kick Off Pemagangan Dalam Negeri. Kegiatan dibuka Sekretaris Disnakertrans Provinsi Sulteng, Dr Rusmiadi ST M.Si, di Palu, Selasa 16 Agustus 2022.

Rusmiadi menerangkan rapat persiapan kick off pemagangan dalam negeri sekaligus dalam rangka memperingati Ulang Tahun Forum Komunikasi Jejaring Pemagangan (FKJP). Nantinya akan diadakan event yang direncanakan berlangsung pada Agustus tahun ini.

“Beberapa agenda acara diantaranya jalan santai dan donor darah, yang tentunya dengan melibatkan semua stakeholder terkait,” terangnya.

Menurut Rusmiadi, program pemagangan merupakan salah satu solusi tepat mengatasi masalah ketenagakerjaan, khususnya dalam menyiapkan tenaga kerja dengan kompetensi yang sesuai dengan pasar kerja.

Adapun berdasarkan Peraturan Kementerian Ketenagakerjaan dan Transmigrasi Nomor 6 Tahun 2020 bahwa pemagangan adalah bagian dari sistem pelatihan kerja yang diselenggarakan secara terpadu antara pelatihan di lembaga pelatihan dengan bekerja secara langsung di bawah bimbingan dan pengawasan instruktur atau pekerja yang berkompetensi dalam proses produksi barang dan/atau jasa di perusahaan dalam rangka menguasai keterampilan atau keahlian tertentu.

“Mudah-mudahan dengan adanya event nantinya diharapkan program kegiatan pemagangan dalam negeri lebih diketahui dan bermanfaat bagi masyarakat luas,” tandas Sekdis Rusmiadi.

Kegiatan turut dihadiri Kepala Bidang Pembinaan, Pelatihan, Perluasan, Penempatan dan Produktivitas (P5TK) Disnakertrans Provinsi Sulteng Anita Hardaningsih S.Sos M.Si bersama beberapa Staf dan Ketua Forum Komunikasi Jejaring Pemagangan (FKJP), serta Pimpinan Lembaga Pelatihan Kerja (LPK) dan Perusahaan yang terlibat dalam Program Pemagangan di Provinsi Sulawesi Tengah. (JT)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.