oleh

Danil Sumbang Medali Pertama untuk UIN Palu di Pesona PTKIN

Ayotau, Palu- Mahasiswa Program Studi Bimbingan Konseling Islam Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah (FUAD) Universitas Islam Negeri (UIN) Datokarama Palu, Danil Mahondra, berhasil meraih medali perak pada Pekan Seni Olahraga Nasional (Pesona) ke-I antar Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN).

“Danil berhasil meraih juara tiga sekaligus menyumbang medali pertama untuk UIN Palu pada Pesona ke-I tahun 2022 di Bandung,” ucap Humas UIN Datokarama Muhdar Ibrahim dihubungi dari Palu, Selasa, 9 Agustus 2022 malam.

Danil Mahondra bertanding pada cabang olahraga taekwondo kategori poomsae tunggal putra.

Di babak penyisihan Danil bersaing dengan 25 atlet dari 25 PTKIN se-Indonesia. Ia menampilkan jurus taegeuk tujuh pada penampilan perdana di babak tersebut.

Penampilannya itu, berhasil mengantar dirinya masuk ke babak semi final bersaing dengan 13 atlet dari 13 PTKIN. Danil yang merupakan mahasiswa semester enam, mengeluarkan segala kemampuannya bersaing dengan para atlet terbaik dari 13 PTKIN tersebut.

Ia berusaha menampilkan jurus poomsae kumgang dan taegeuk delapan dengan sempurna, agar bisa lolos ke babak final.

Jerih payah yang dilakukan Danil pada babak semi final, membuat dewan juri harus memberikan poin 1,170 yang mengantar dirinya melaju ke babak final.

Di babak final, Danil harus berusaha lebih keras lagi agar dapat meraih emas. Namun, jurus poomsae pyongwon dan koryo yang diperagakannya pada babak final, belum mampu merubah keputusan dewan juri agar memberikan poin tertinggi kepadanya.

Meski demikian, ia berhasil membawa UIN Palu berada di posisi ke tiga, setelah posisi ke satu diraih oleh UIN Bandung sebagai tuan rumah, posisi dua IAIN Madura.

“Danil telah berusaha keras, dan berjuang semaksimal mungkin. Prestasi yang diraih tentu menjadi satu kebanggaan bagi UIN Palu di tingkat nasional,” sebut Muhdar.

Kementerian Agama melalui Direktorat Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam (DIKTIS) menyelenggarakan Pesona I Tingkat Perguruan Tinggi Keagamaan Negeri (PTKN) tahun 2022 yang dipusatkan di UIN Sunan Gunung Jati Bandung, Jawa Barat, 8 – 13 Agustus 2022.

UIN Palu mengikuti lomba Pesona tersebut meliputi bidang olahraga, antara lain tenis meja, catur, pencak silat, karate, taekwondo, bulu tangkis, futsal, dan panjat tebing.

Sementara kegiatan lomba seni yang diikuti mahasiswa/mahasiswi kami, antara lain musabaqah tilawatil quran,  hifzdil quran, pop solo Islami dan kaligrafi.

“Dari semua lomba yang diikuti dengan jumlah mahasiswa yang diutus sebanyak 37 orang, Danil menjadi mahasiswa pertama menyumbang medali bagi UIN Palu. Semoga mahasiswa lainnya dapat mengukir prestasi dengan meraih medali pada Pesona I,” ungkap Muhdar.(**)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.