Basir: Revisi Upaya Perbaiki Tata Ruang

Ayotau, Palu- Plt Kepala Dinas Bina Marga dan Penataan Ruang Provinsi Sulawesi Tengah, Basir Tanase, mengungkapkan revisi Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) sebagai upaya dalam memperbaiki rencana tata ruang.

Hal ini disamapaikan saat rapat pembahasan Rekomendasi Gubernur (Rekongub) Sulawesi Tengah atas Revisi Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) Kabupaten Tojo Unauna (Touna) Tahun 2021 – 2024 pada Selasa 30 Agustus 2022.

“Revisi upaya agar rencana tata ruang selalu dapat digunakan sebagai dasar untuk pemanfaatan ruang sehingga bisa diwujudkan. Apalagi saat ini RTRW Kabupaten dijadikan acuan dalam pemberian Persetujuan Kesesuaian Kegiatan Pemanfaatan Ruang (PKKPR) untuk wilayah yang belum memiliki RDTR,” ungkap Basir.

Dia menegaskan pelaksanaan Rekongub RTRW Kabupaten Tojo Unauna merupakan proses untuk memastikan kebijakan dan arahan strategis Provinsi Sulawesi Tengah yang harus termuat dalam RTRW Touna, serta memastikan kesesuaian dengan NSPK penyusunan substansi dan peta RTRW.

“Saya harap Tim Forum Penataan Ruang Provinsi dapat memperhatikan isu-isu strategis terkait sektor masing-masing untuk dapat diakomodir dalam revisi RTRW Kabupaten Tojo Unauna. Say juga mengharapkan masukan kepada seluruh unsur yang terlibat dalam penyempurnaan konsep penataan ruang di Kabupaten Tojo Unauna,” ucapnya.

Diingatkan pentingnya sinkronisasi antara RTRW Provinsi Sulawesi Tengah yang saat ini sedang proses revisi dengan RTRW Touna. Ini agar tidak terjadi substansi yang tumpang tindih demi penyempurnaan penyusunan revisi RTRW Kabupaten Tojo Unauna.

RTRW Touna ditetapkan melalui Perda Kabupaten Tojo Unauna Nomor 8 Tahun 2012 tentang RTRW Kabupaten Tojo Unauna Tahun 2012 – 2032. Dengan demikian perda tersebut telah berusia 10 tahun sejak ditetapkan.

Dalam rentang waktu itu telah terjadi dinamika dalam proses pembangunan dan pemanfaatan ruang di Kabupaten Tojo Unauna, baik karena perubahan kebijakan nasional, kebijakan provinsi maupun perkembangan internal Pemkab setempat.

Oleh karena itu dilaksanakan proses peninjauan kembali terhadap RTRW Touna dengan hasil yaitu merekomendasikan pelaksanakan revisi RTRW Kabupaten Tojo Unauna sebagai upaya perbaikan tata ruang. (JT/*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *