Staf Ahli Gubernur Buka Jambore Kepemimpinan Perempuan Sulteng

Ayotau, Palu- Gubernur diwakili Staf Ahli Gubernur Bidang Pemerintahan dan Kesra Dr. Rohani Mastura M.Si, bersama Walikota Palu Hadiyanto Rasyid S.E. dan Ketua Yayasan Sikola Mombine Mutmainah Korona S.E. membuka secara resmi Jambore Kepemimpinan Sulawesi Tengah Tahun 2022 di Aula Museum, Jl. Kemiri No.23, Kota Palu, Kamis (27/10/2022).

Kegiatan ini dihadiri oleh KPU Prov. Sulawesi Tengah, Bawaslu Prov. Sulawesi Tengah, DP3A Kota Palu dan Provinsi Sulawesi Tengah, Bappeda Kota Palu, Perwakilan NGO se-Sulawesi Tengah, serta 200 orang dari Balai Belajar Kampung Yayasan Sikola Mombine yang berasal dari Kab. Poso, Donggala, Parigi, Tojo Una-Una, Sigi dan Kota Palu.

Kegiatan ini diselenggarakan oleh Yayasan Sikola Mombine, Puspaga Prov. Sulteng dan Women Democracy Network (WDN). Kegiatan ini merupakan komitmen dari Yayasan Sikola Mombine untuk melahirkan perempuan pemimpin yang berkarakter kebangsaan berdaulat dalam politik mandiri dalam berekonomi dan bermartabat secara budaya.

Kegiatan Jambore ini diawali dengan penganugerahan kepada Perempuan Penggerak Inspirasi Yayasan Sikola Mombine Tahun 2022. Adapun perempuan yang mendapatkan penghargaan tersebut yaitu : Alm. Ibu Fadhilah dari Kota Palu, Ibu Rosida dari Kota Palu, Ibu Husna Malise dari Poso, Ibu Misnah dari Donggala, dan Ibu Roslena dari Kota Palu.

Kemudian, Direktur Pemberdayaan dan Pendidikan Yayasan Sikola Mombine Wulan Trisya Lembonunu berharap kegiatan ini menjadi ajang pertemuan perempuan dari Balai Belajar Kampung Yayasan Sikola Mombine yang tersebar di Sulawesi Tengah untuk menciptakan gagasan-gagasan yang represif untuk mendorong kepemimpinan perempuan di Sulawesi Tengah.

“Secara khusus ini bagian dari ajang konsolidasi Yayasan Sikola Mombine, dimana Sikola Mombine berdiri sejak tahun 2006 dan hampir mungkin setiap 5 tahun kami melakukan jambore politik kepemimpinan perempuan,” kata Direktur Pemberdayaan dan Pendidikan Yayasan Sikola Mombine

Selanjutnya, Staf Ahli Gubernur Bidang Pemerintahan dan Kesra Dr. Rohani Mastura M.Si membacakan sambutan Gubernur, menyambut baik dan mengapresiasi kegiatan ini serta menganggap kegiatan ini sebagai sarana melatih dan membentuk jiwa kepemimpinan mengingat keterwakilan perempuan dalam dunia politik Indonesia masih sangat minim.

“Saya berharap kegiatan ini dapat meningkatkan wawasan kita mengenai pendidikan politik sehingga kaum perempuan tidak lagi dianggap sebagai bunga penyep karena setiap ciptaan manusia adalah pemimpin termasuk perempuan,” ucap Staf Ahli Gubernur Dr. Rohani Mastura.

Kegiatan ini secara resmi dibuka, ditandai dengan pemukulan gong oleh Staf Ahli Gubernur Dr. Rohani Mastura M.Si didampingi Walikota Palu Hadiyanto Rasyid S.E. dan Ketua Yayasan Sikola Mombine Mutmainah Korona SE.

Kegiatan jambore ini dilanjutkan dengan Penyerahan Penghargaan kepada Komunitas Peduli Perempuan & Anak, Pelelangan Karya Seni Mural, Pembacaan Deklarasi Perempuan Mengawasi Pemilihan Umum dan diakhiri dengan Penandatanganan Pakta Integritas. (JT)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *