oleh

Rapid Antigen Kini Jadi Syarat Urus e-KTP

Ayotau, Palu- Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Palu, Rosida Thalib mengungkapkan, pelayanan perekaman e-KTP di Disdukcapil Palu, kini menggunakan syarat berupa bukti Rapid Antigen non reaktif (negatif).

Hal itu dilakukan kata Rosida, untuk mencegah terjadinya penularan Covid-19 melalui kontak fisik dan dari alat perekaman tersebut.

“Masyarakat saat melakukan perekaman e-KTP itu menyentuh langsung alat elektronik, kemudian staf kami yang mengarahkan juga menyentuhnya, sehingga ini sangat rawan penularan Covid-19. Karena itulah diadakan rapid antigen,” jelas Rosida Thalib, melalui ponselnya, belum lama ini.

Rosida menegaskan, layanan rapid antigen juga disiapkan di Kantor Disdukcapil dan diberikan secara gratis.

“Jadi kalau mau perekaman e-KTP rapid antigen dulu, sehingga kita sama-sama aman dari penularan Covid-19,” ujarnya.

Kata Rosida, jika misalnya saat di rapid antigen ada masyarakat hasilnya positif, maka Disdukcapil Palu tidak melayaninya dan bersangkutan langsung berurusan dengan Puskesmas dan Tim Covid-19.

“Tentunya kami menunggu dulu masyarakat itu sudah negatif hasil rapid antigennya, baru kami layani. Tidak mungkin kita layani masyarakat yang positif, sama saja itu bunuh diri. Kami berharap masyarakat patuh terhadap protokol kesehatan,” ung kapnya. (*)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed