PT. Gumbasa Energi Baru Rencana Bangun PLTA di Sigi

Ayotau, Sigi- PT.Gumbasa Energy Baru rencana akan membangun Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) untuk memenuhi kebutuhan listrik di wilayah Kabupaten Sigi.

Pembangunan PLTA Gumbasa yang berkapasitas 156 Mega Watt itu, akan mengaliri dua kecamatan yakni Kecamatan Gumbasa dan Palolo.

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sigi sangat mendukung rencana pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) Gumbasa.

Dalam pertemuan antara PT.Gumbasa Energy Baru dan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sigi, Jumat, 19 Maret 2021, Bupati Sigi, Mohamad Irwan sangat mendukung rencana pembangunan PLTA tersebut.

“Pembangunan PLTA adalah untuk kepentingan masyarakat, sekaligus sebagai upaya untuk memajukan Kabupaten Sigi,” kata bupati kepada wartawan.

Namun kata dia, pembangunan PLTA tersebut harus sejalan dengan konsep pembangunan berkelanjutan yang ramah lingkungan dan tidak merugikan masyarakat sekitar.

Kata bupati, sebelum pelaksanaan pembangunan PLTA Gumbasa
harus dilengkapi terlebih dahulu administrasinya seperti Izin lingkungan atau Analisis Dampak Lingkungan (AMDAL). Selanjutnya dilakukan sosialisasi kepada masyarakat.

“Dalam pelaksanaan pembangunan PLTA, diminta ada beberapa masukan dari masyarakat, LSM, dan organisasi masyarakat terkait dengan pembangunan tersebut. Kita bicarakan pelibatan masyarakat sekitar dalam proses pembangunan, serta bagaimana mekanisme jika ada relokasi masyarakat yang berada di sekitar lokasi pembangunan. Perhitungan awal, kemungkinan besar tidak ada relokasi,” jelasnya.

Direktur PT Gumbasa Energy Baru, Cornelius Raugun mengatakan, sebelum pelaksanaan pembangunan PLTA Gumbasa akan menunggu penilaian administrasi yang dikirim Pemkab Sigi ke Pemerintah Pusat.

“Kami sudah melakukan sedikit kajian awal di sungai Gumbasa, layak atau tidaknya PLTA Gumbasa dibangun. Hasil dari kajian itu, maka sungai gumbasa layak untuk di bangun PLTA,” katanya.(as)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed