oleh

Labkes Akan Dikembangkan untuk Kalibrasi Alkes

Ayotau, Palu- Kepala UPT Laboratorium Kesehatan (Labkes) Provinsi Sulteng, Rudiyanto, mengungkapkan akan mengembangkan pelayanan lembaga yang dipimpin untuk kalibrasi internal alat kesehatan (alkes).

“Alat-alat kesehatan harus dikalibrasi untuk memastikan hasil pemeriksaan yang akurat,” ungkapnya, Senin 7 Februari 2022.

Diketahui, kalibrasi merupakan proses pengecekan dan pengaturan akurasi dari alat ukur dalam hal ini alkes dengan cara membandingkannya ke standar/tolak ukur yang baku. Selama ini, untuk pelayanan kalibrasi alkes harus mendatangkan petugas dari luar.

“Kita ambil contoh inkubator, kalau tidak dikalibrasi pas digunakan untuk bayi yang lahir prematur, pas masuk suhunya naik bisa fatal. Apalagi kalau tidak dikontrol petugas,” ucap Rudiyanto.

Olehnya kalibrasi alkes dinilai sangat penting dilakukan secara berkala untuk keakuratan hasil atau diagnosis atas suatu pengujian sampel pemeriksaan. Contoh lainnya untuk pengujian tensi apabila alkes tidak dalam posisi baik akan berimplikasi ke hasil pengukuran. Selain itu, akan berdampak pula terhadap penanganan medis, termasuk dalam hal obat-obat yang diberikan tenaga kesehatan.

“Di sinilah pentingnya kalibrasi untuk menstabilkan kembali alkes yang bermasalah,” tutur Kepala Labkes.(JT)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.