Kemenag Sulteng Tetapkan Jadwal Imsakiyah Ramadan 1442 H

Ayotau, Palu- Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Sulawesi Tengah, bersama seluruh Organisasi Masyarakat (Ormas Islam), Perguruan Tinggi Islam, serta Pengadilan Tinggi Agama, menetapkan jadwal imsakiyah 1 Ramadan 1442 H/2021, khususnya untuk Kota Palu dan sekitarnya.

Penetapan jadwal itu melalui sidang isbat bersama Ormas, serta dari Pengadilan Tinggi Agama, di salah satu ruangan pertemuan pada Kanwil Kemenag Sulteng.

“Alhamdulillah telah disepakati tadi (kemarin-red) jadwal imsakiyah bersama Muhammadiyah atau Unismuh, IAIN, Pengadilan Tinggi Agama, serta ormas Islam lainnya,” kata Kepala Seksi Urusan Agama Islam dan Bimbingan Syariah, Kemenag Sulteng, Taufik Abdul Aziz, baru-baru ini.

Namun kata Taufik, penetapan resmi pelaksanaan ibadah puasa pada 12 April sesuai pemantauan rukyatul hilal di Marana, Donggala.

“Insya allah jadwal imsakiyah ini akan disebarkan ke sejumlah masjid, Kantor Kemenag Kota Palu, serta KUA-KUA,” ungkapnya.

Kata Taufik, jadwal imsakiyah yang ditandatangani oleh Kakanwil merupakan jadwal kesepakatan dari seluruh Ormas yang ada di Kota Palu.

“Jadwal imsakiyah yang resminya juga boleh diambil di Kanwil Kemenag Sulteng, kami berencana mencetak sebanyak-banyak dan jika ada masyarakat yang mengadakan dengan catatan tetap menyebutkan sumbernya yakni dari Kanwil Kemenag,” ujarnya.

Taufik berharap, kepada umat Islam dalam melaksanakan ibadah puasa di bulan Ramadan tahun ini, agar tetap mengacu kepada satu jadwal yang ditetapkan oleh pihak pemerintah, dan tidak lagi menggunakan jadwal-jadwal yang perhitungannya lain.

“Jadwal imsakiyah yang kami keluarkan sudah disepakati oleh ormas Islam, sehingga kami berharap menggunakan jadwal tersebut, sehingga masyarakat tidak bigung,” katanya. (*)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed