Kakanwil Kemenag Sulteng Apresiasi MAN IC Palu Lahirkan Penghafal Al-Quran Hingga 9 Juz

Ayotau, PaluMadrasah Aliyah Negeri (MAN) Insan Cendekia (IC) Kota Palu, menggelar Tasyakur Tahfizh Al-Quran Santri Angkatan 6, mengusung tema “Hiduplah Bersahaja bersama Al-Quran” di Aula MAN IC Palu, Sabtu, 23 Maret 2024.

Kegiatan ini dihadiri oleh Kepala Kanwil Kemenag Sulteng, H. Ulyas Taha, dan Kepala Bidang Pendidikan Madrasah Kanwil Kemenag Sulteng, Kiflin Padjala, serta Kepala Kantor Kemenag Kota Palu, Ahmad Hasni.

Kakanwil Kemenag Sulteng, Ulyas Taha, memberikan penghargaan kepada MAN IC Palu, sebab Tahfizh atau penghafal Quran ini merupakan program ekstrakurikuler dari pada Madrasah.

“Jadi bukan program pokok atau pembelajaran keagamaan di Madrasah seperti Quran Hadist dan lainya, tetapi Tahfizh Quran ini menjadi program tambahan yang unggul di MAN IC Palu,” kata Ulyas.

Tentunya, kata Ulyas, selaku Kakanwil menyampaikan penghargaan yang setinggi-tingginya, semoga hal seperti sebagai salah satu pendorong bagi masyarakat agar yakin menyekolahkan anaknya di MAN IC Palu.

“Sebab di para siswa di MAN IC Palu ini, bukan hanya dibekali dengan sains dan teknologi, tetapi dengan iman dan taqwa, termasuk menghafal Al-Quran, sehingga orangtua itu bangga terhadap anaknya, yang bukan hanya otak Jerman tetapi hatinya mekkah,” ujarnya.

Menurut Ulyas, sudah seluruh Madrasah memiliki program Tahfizh Quran ini, hanya saja beberapa Madrasah memiliki keunggulan masing-masing.

“Misalnya saja ada madrasah-madrasah hanya bisa menghasilkan penghafal Quran tiga sampai lima juz, bahkan ada sampai 15 juz. Namun di MAN IC Palu ini ada penghafal Quran sampai 9 juz, tetapi ditahun kemarin ada sampai 15 juz, jadi setiap angkatan itu berbeda-beda,” jelasnya.

Ulyas mengatakan, setiap Madrasah itu ada yang mewajibkan siswanya menjadi penghafal Quran baik itu, di MAN 1 Palu, MAN 2 Palu, serta di jenjang MTs Negeri.

“Untuk di jenjang MTs ini minimal siswanya penghafal Quran 3 juz, begitupun di Madrasah Aliyah, minimal tiga juz hingga mencapai 9 juz. Jadi seluruh Madrasah Negeri telah memiliki program seperti ini, saya sangat mengapresiasi dengan adanya program tambahan Tahfizh Quran tersebut,” jelasnya. (del)

Komentar