Kades di Sigi Diduga Korupsi ADD-DD Rp241 Juta

Ayotau, Sigi- Kepala Desa (Kades) Soulowe, Kecamatan Sigi Biromaru, Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah, S alias P (40), ditetapkan sebagai tersangka kasus dugaan penyelewengan penggunaan dana Alokasi Dana Desa (ADD) dan Dana Desa (DD). Tindak korupsi tersebut dilakukan pada tahun anggaran 2017.

Dari hasil penyidikan yang dilakukan oleh Unit Tipidkor Sat Reskrim Polres Sigi, bendahara kades pun ikut terseret dalam kasus tersebut.

“Hasil perhitungan kerugian keuangan negara oleh ahli dari Inspektorat Kabupaten Sigi, ditemukan bukti penyelewengan yang diduga dilakukan oleh Kepala Desa Solowe bersama-sama dengan bendahara desa,” Ungkap Kapolres Sigi, AKBP Yoga Priyahutama saat jumpa pers di Makopolres Sigi, Kamis, 31 Desember 2020.

“Kepala desa aktif itu,” kata AKBP Yoga ditaksir merugikan negara senilai Rp241.000.00.

“Berdasarkan laporan hasil perhitungan kerugian negara dari tim Audit Inspektorat Sigi, diperoleh total kerugian negara senilai Rp241.000.000,” terangnya.

Kemudian kata AKBP Yoga, hingga sekarang Laporan Pertangungjawaban (LPJ) Desa Solowe tahun anggaran 2017 tidak ada sama sekali, dan kepala desa mengambil beberapa dana kegiatan untuk kepentingan pribadi.

“Kades yang lain hati-hati,” ingatnya.

Ia mengimbau agar para masyarakat Kabupaten Sigi mengawasi setiap pengelolaan ataupun penggunaan dana ADD dan DD di Desa masing-masing sehingga dana tersebut bisa di gunakan sesuai peruntukannya.

“Masyarakat dapat lebih peduli dengan sesegera mungkin memberi informasi kepihak kepolisian jika mengetahui kejahatan menyangkut dengan penggunaan ADD dan DD di Desa masing-masing,”tuturnya.

Diketahi kades dan bendaharanya sudah diamankan oleh Polres Sigi sejak November 2020 untuk mempertangung jawabkan perbuatannya.

Diduga hal ini juga banyak terjadi di desa-desa lain, dimana begitu dana desa cair, kepala desa melakukan pengelolaan dana desa dengan menguasai uang tersebut.(as)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed