oleh

IPIM Sulteng Harap Pemerintah Perhatikan Imam Masjid

Ayotau, Palu- Ittihad Persaudaraan Imam Masjid (IPIM) Provinsi Sulawesi Tengah bertemu Gubernur Sulteng, Rusdy Mastura dalam rangka silaturahmi sekaligus memperkenalkan organisasi IPIM.

“Semenjak dilantiknya Bapak Rusdy Mastura sebagai Gubernur Sulteng, kami dari IPIM belum sempat sowan. Alhamdulillah kemarin telah diberikan kesempatan untuk bertemu. Intinya bahwa selain silahturahmi kami juga menyampaikan bahwa profesi Imam ini yang menjadi wadahnya IPIM, tentunya perlu mendapat perhatian dari pemerintah dan masyarakat,” kata Ketua Umum PW IPIM Sulteng, Drs. H. Abd. Azis Tammauni, melalui ponselnya, belum lama ini.

Menurut Azis, sepertinya imam masjid saat ini kurang diperhatikan, padahal imam bertugas setiap hari di masjid, sehingga tentunya butuh fasilitas memadai. Selain itu juga, imam adalah pelayan umat dan bekerja tanpa pamrih, apalagi para imam tidak digaji.

“Olehnya itu berangkali ada solusi baik pemerintah daerah maupun pusat, bisa memikirkan bagaimana caranya membantu para imam ini. Paling tidak pemerintah mungkin bisa menganggarkan, dalam memberikan insentif kepada para imam,” jelasnya.

Azis mengaku, sangat berharap kepada Gubernur Rusdy dapat memperhatikan para imam tersebut.

“Artinya Pak Gubernur menyahut dan beliau sangat peka terhadap kegiatan-kegiatan keagamaan. Secara umum saja beliau sangat salut dengan keberadaan IPIM, karena saya menyampaikan biar bagaimana imam itu adalah pelayan umat,” katanya.

Abd. Azis mengatakan, sebenarnya memang pehatian ini dari pemerintah Kabupaten dan Kota, karena kalau di provinsi terlalu luas. Seperti Bupati Morowali Utara, sempat belum lama ini menyampaikan dalam sambutannya, bahwa 2022 mereka akan anggarkan insentif kepada para imam masjid.

“Jadi kita ini mendorong dan memberikan informasi kepada pemerintah, bahwa imam ini adalah orang yang perlu diberikan atensi, begitupun masyarakat perhatianlah. Misalnya masyarakat yang berkecukupan, bantulah imam-imam masjid di wilayahnya,” ungkapnya.

Olehnya itu, Abd. Azis berharap, IPIM ini dapat diberikan perhatian agar organisasinya bagus, sehingga dapat memberikan pembinaan kepada imam.

“Kami ini sudah jalan di akhir tahun kemarin, dengan melakukan pembinaan di beberapa kabupaten,” pungkasnya. (AH)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed