oleh

Disperindag Laksanakan Rapat Kerja Tim P3DN Provinsi Sulteng

Ayotau, Palu- Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Provinsi Sulawesi Tengah melaksanakan rapat kerja tim Peningkatan Penggunaan Produk Dalam Negeri (P3DN). Rapat dalam rangka tindak lanjut Aksi Afirmasi P3DN Provinsi Sulawesi Tengah berlangsung di Hotel Santika Palu, Kamis (21/7/2022).

Rapat mengusung tema “Gerak Cepat Pemberdayaan Industri Dalam Rangka Mendukung Pertumbuhan Perekonomian Daerah”. Ini bertujuan untuk memberdayakan industri dalam negeri, memperkuat struktur industri dalam negeri serta mengoptimalkan produk dalam negeri pada pengadaan barang/jasa pemerintah.

Dalam sambutan tertulis Gubernur Sulawesi Tengah yang dibacakan Kepala Disperindag Richard Arnaldo, menegaskan implementasi P3DN didasari oleh beberapa peraturan perundang-undangan terkait, di antaranya Undang-Undang Nomor 3 Tahun 2014 tentang Perindustrian yang menyebutkan adanya kewajiban untuk menggunakan produk dalam negeri di setiap pengadaan barang/jasa.

Selanjutnya, kewajiban penggunaan produk dalam negeri dilakukan mulai dari tahap perencanaan, pengadaan, persiapan pengadaan hingga pelaksanaan pengadaan atau pemilihan penyedia. Ketentuan tersebut dilakukan oleh Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) dengan mencantumkannya di dalam rencana umum pengadaan, spesifikasi teknis Kerangka Acuan Kerja (KAK) dan dokumen pemilihan.

“Seluruh rencana pengadaan barang yang telah disusun unit kerja kemudian harus dilaporkan kepada Menteri Perindustrian selaku Ketua harian Tim Nasional P3DN,” ucap Richard.

Richard mengharapkan kerjasama, keterlibatan, dan kesungguhan dari semua pihak terutama para Kepala OPD yang ada di lingkungan Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah selaku Pengguna Anggaran/ Kuasa Pengguna Anggaran (PA/KPA) agar dapat memaksimalkan AKSI AFIRMASI P3DN dalam pelaksanaan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah Daerah di Sulawesi Tengah. (JT/*)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.