oleh

Diskominfo Gelar Bimtek Pengelolaan Konten Layanan Informasi Publik

Ayotau, Palu- Dinas Komunikasi, Informatika, Persandian dan Statistik (Dikominfo) Provinsi Sulawesi Tengah melalui Bidang Informasi Komunikasi Publik (IKP) gelar Bimbingan Teknis Pengelolaan Konten Layanan Informasi Publik Melalui PPID Perangkat Daerah Prov. Sulteng dengan mengusung tema “Jurnalisme Multi Platform”. Bertempat di Aula pertemuan RM. Darisa. Kamis (18/8/2022).

Kegiatan ini merupakan salah satu rangkaian pembinaan terhadap Pejabat Pengelola Informasi Dan Dokumentasi Pelaksana (PPIDP) selama kurun waktu satu tahun dengan menghadirkan narasumber yang berasal dari Tribunnews Palu. Tujuan kegiatan ini yaitu sinergitas antara PPID pelaksana dan PPID utama serta meningkatkan kemampuan teknis terkait keterbukaan informasi publik.

Dalam sambutannya Kepala Dinas Kominfo Provinsi Sulawesi Tengah Dra. Novalina, MM mengatakan, bahwa dengan berkembangnya media komunikasi khususnya media online, maka semakin memudahkan proses pertukaran informasi yang lebih cepat dan efisien.

Mengacu pada UU No. 14 Tahun 2018 tentang keterbukaan informasi publik, PPID sangat dibutuhkan dalam menyampaikan informasi terkait aktivitas badan publik kepada masyarakat baik melalui website ataupun media sosial. Oleh karena itu, perlunya meningkatkan kemampuan serta peran aktif para petugas informasi PPID dalam mengelola berita dalam sebuah kegiatan yang dilakukan oleh badan publik.

Selanjutnya Novalina mengatakan, penyampaian informasi tidak hanya berpatokan pada penggunaan website dan media sosial, akan tetapi memiliki isi konten serta informasi yang menarik. Dengan demikian dapat menarik perhatian khalayak untuk berkunjung serta membaca informasi yang telah dibagikan melalui platform yang dimiliki.

Diakhir sambutannya Novalina berharap, agar setiap PPID pelaksana dapat meningkatkan kompetensi dan kapasitas dalam mengelola informasi serta penggunaan multi platform atau media sosial.

“Saya berharap dengan adanya bimtek ini dapat meningkatkan kompetensi serta kapasitas PPID dalam teknik pembuatan release dan penggunaan multi platform” ucap Novalina. (JT)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.