Cegah Banjir, Pemkab Dorong Masyarakat Tanam Pohon Produktif

Ayotau, Sigi- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sigi mendorong masyarakat menamam pohon produktif di lahan perkebunannya. Khususnya diwilayah Kecamatan Marawola, Desa Beka, Sibedi, Lebanu dan Kecamatan Kinovaro, Desa Kayumpia dan Uwemanje. Hal itu terkait rencana penghijauan dalam rangka penanganan jangka panjang bencana banjir di daerah itu.

Untuk wilayah pegunungan diminta untuk menanam pohon, seperti pohon durian dan alpukat. Sedangkan yang berada dibantaran sungai diimbau untuk menanam pohon bambu.

“Bibit Pohon akan dibantu pemerintah. Jadi, selain penangan banjir, masyarakat dapat menikmati hasil panen untuk ekonomi mereka dari tanaman mereka yang mau ditanam,” kata Wakil Bupati Sigi, Samuel Y Pongi, Senin, 5 April 2021.

Ia menambahkan, saat ini Balai Wilayah Sungai (BWS) tengah melakukan normalisasi sungai di Desa Beka, Kecamatan Marawola yang berakibat banjir beberapa waktu lalu.

“Pemkab Sigi sangat berterimakasih kepada BWS yang membantu masyarakat Desa BK untuk normalisasi sungai,”

Ia memstikan tidak ada hambatan dilapangan ketika normalisai dilakukan. Material normalisasi yang terkena lahan masyarkat dipastikan tidak ada ganti rugi.

“Tidak ada kendala dalam normalisasi. Tidak ada ganti rugi lahan yang terkena material. Malahan masyarakat Desa Beka sangat bersyukur karena merasa terbantu dan tidak mempermasalahkan apabila lahan mereka terkena material normalisasi sungai,” ujarnya.

Kata dia, dalam waktu dekat ini akan melakukan rapat bersama pihak terkait untuk menindak lanjuti rencana penghijauan di wilayah pegunungan dan bantaran sungai diwilayah tersebut.

“Jadi nanti kami minta kepala desa mendata warganya yang berkebun di pegunungan dan bantaran sungai. Untuk diimbau melakukan penanaman pohon produktif. Bibitnya akan dibantu pemerintah,” tutupnya.(as)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed