oleh

BPBD Palu Terus Berupaya Percepat Stimulan Tahap Tiga

Ayotau, Palu- Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Palu terus berupaya mempercepat penyaluran stimulan perbaikan rumah rusak tahap 3 tahun 2021.

Kepala Pelaksana (Kalak) BPBD Palu, Singgih B Prasetyo dalam rapat Panitia Khusus (Pansus) Rehabilitasi-Rekonstruksi DPRD Palu, Rabu 31 Maret 2021 menjelaskan, awalnya dalam data stimulan tahap dua ditetapkan sebanyak 38.805 unit. Dalam perjalanan verifikasi dan validasi, yang bisa tersalur hanya pada sebanyak 25.765 unit.

“Dari 25.765 ini masih ada masyarakat yang mungkin mendaftarkan lalu kita usulkan kembali ke BNPB,”katanya.

Adapun jumlah yang diusulkan kembali pada tahap 3 awalnya sebanyak 21.400 lebih. Namun setelah melalui validasi Inspektorat BNPB, maka yang bisa diterapkan hanya 21.014 unit.

Menurutnya, dari 21.014 tersebut, sejauh ini pihaknya telah memproses sebanyak 4ribu untuk ditetapkan dalam Surat Keputusan (SK) Wali Kota Palu dan pembukaan rekening.

“Alhamdulillah sejauh ini sudah sebanyak 4ribu yang di SK kan,”jelasnya.

Pihaknya lanjut Singgih, akan berusaha seoptimal mungkin untuk bisa menyalurkan stimulan tahap 3 ini sesuai atensi Wali Kota Palu yakni dalam waktu tiga bulan.

“Sepanjang masyarakat bisa bekerjasama dengan baik dalam proses kelengkapan persyaratan, kita berharap penyaluran bisa dipercepat sesuai target,”demikian Singgih.

Rapat Pansus Rehab-Rekon yang diketuai M Syarif ini membahas seluruh permasalahan yang menjadi kendala dalam proses penanganan dampak bencan alam.(**)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.